Book A Visit

#1 Drama Berlin Marathon 2019

Klinik kami @medifit.id kedatangan banyak runner yg dtg utk persiapan Berlin Marathon 2019. Dari yang sekedar terapi cedera, cek NMAS, sampai yang benar2 mengikuti Sport Performance program dari Medifit.
.
Dari sekian banyak kasus, izinkan saya sharing ttg drama persiapan Berlin Marathon yg paling mendebarkan bbrp waktu lalu.
Berawal dari kedatangan seorang runner di hari-6 sebelum keberangkatannya ke Berlin. Ia mengeluhkan kaki kirinya sering “lose power”, tak bertenaga sehingga terpaksa kaki kanannya yg harus menopang dan menyeret selama berlari. Makin lama bertambah parah, bahkan hanya mampu berlari normal 200m saja, sesudah itu terpaksa diseret. Bagaimana mungkin merampungkan race 42 KM dengan kondisi spt ini? 😱
.
Ternyata kondisi seperti ini sudah dialami sejak sekitar 3 minggu sebelumnya, diawali dengan cedera ankle kiri yg tidak teratasi dgn baik padahal sudah berobat (mungkin krn overuse).
.
Sang runner sangat putus asa, dan bersedia melakukan apapun demi bisa merampungkan race nya. Tak tega hati ini melihatnya. Terbayang perjuangannya selama persiapan FM perdananya ini, berbulan2 berlatih dengan begitu keras, pasti rasanya sakit sekali kalau saya minta ia membatalkan race.
.
Saya putuskan utk berusaha semaksimal mungkin di sisa waktu yang ada.
.
Singkat cerita, akhirnya di pertemuan ke 5 sebelum berangkat ke Berlin malam itu, saya dibantu ST coach terbaik yg saya kenal, @coachwin1 dan medifit team, berhasil menemukan penyebab mengapa kakinya hilang tenaga saat lari. Dari yg awalnya hanya bisa lari 200m tanpa diseret, dia berhasil lari lebih dari 2K tanpa masalah dan terpaksa kami stop krn sudah kelelahan akibat serangkaian tes yg kami lakukan. Kami lalu memberikan homework program, dan gerakan2 cara mengatasi “lose power” saat nanti race di Berlin.
.
Hari itu menjadi hari yg bersejarah baginya krn berhasil menamatkan Virgin FM di tengah cuaca yg tidak bersahabat. Kelegaan dan kepuasan bathin yg luar biasa saya rasakan krn telah berhasil mewujudkan mimpi seseorang.
.
.
Congrats Pak, salute untuk perjuangannya 👏🙏
.
Credits: @minke_tanz

No Comments

Leave a Reply

× How can I help you?