Book A Visit

Sepenggal kisah Berlin Marathon 2019!

Aku tuh orangnya pilih-pilih kalau mau race FM. Bukan hanya jaraknya aja yg jauh, tp asli guys, latihannya tuh cuapek. Perlu ‘pengorbanan’ kurang lebih 4 bulan untuk latihan.
.
Setelah terakhir kali FM di Tokyo Marathon 2018, gw menjatuhkan pilihan di @berlinmarathon tahun ini. Setelah discuss dengan pelatih mas @andriyanto.run akhir tahun lalu, disarankan untuk menguatkan pondasi mulai ikut kelas 10km, sampai trial HM dan finish strong di PSBM akhir Juli lalu.
.
Percayalah, latihan lari apalagi FM ga melulu soal lari dan lari terus, gaya hidup dan istirahat juga ga kalah pentingnya. Melalui #trainsmartnothard gw dipantau kebugarannya, bahkan bisa dibilang latihan kali ini nyaman dan ga terasa berat dijalani.
.
Latihan lari udah, gaya hidup dan istirahat cukup udah, tapi kalau ga pernah melalukan penguatan otot (strength training) ya kurang maksimal hasilnya, apalagi 42.195 km itu Setiabudi – Bekasi pp lur! Beruntung gw diperkenalkan dengan @medifit.id dan di bawah supervisi dokter @doc_veratanu dan mas @adibmaftukhan gw diperiksa keseluruhan otot-otot yang menunjang buat lari. Dan ternyata, banyak otot-otot gw lemah. Setelah dibuatkan program strength training, alhamdulillah ada progress dan lari lebih efisien.
.
Pas hari H, sesuai prediksi kota Berlin pada Minggu diguyur hujan. Semua berjalan sesuai plan sampai akhirnya karena saking dinginnya, kedua paha kekunci di km 30, yang memaksa kudu lari-jalan-stretching-lari, gitu aja sampe finish. Setelah liat gerbang Branderburger Tor, coba lah naikin pace untuk ngejar sub-4:10.
.
Alhamdulillah walau lepas target pribadi, tapi masih bisa PB 14menitan dari race FM terakhir di Tokyo Marathon 2018. Dan senengnya, setelah finish ga kerasa capek kayak FM-FM sebelumnya.
.
Terus, kapok Bib FM? Ya gak lah, bahkan habis finish udah chat ama mas @andriyanto.run enaknya dimana ya buat ‘balas dendam’ ini?
.
Jadi, tinggal nunggu wangsit nih enaknya mau dimana race FM berikutnya (pastinya tahun depan), karena mau ena-ena dulu dan ‘nikmati’ liburan dulu.
.
.
#berlinmarathon2019
#beatberlin
#medifitindonesia

No Comments

Leave a Reply

× How can I help you?