ILIOTIBIAL BAND SYNDROME

ILIOTIBIAL BAND SYNDROME

Medifit Active Rehabilitation Center

WhatsApp Image 2020-12-10 at 15.14.52
Apakah yang dimaksud dengan Iliotibial band syndrome (ITB)?

Sindrom iliotibial band (IT band syndrome atau ITBS) adalah rasa sakit dan nyeri di daerah sendi lutut dan paha bagian luar. Sindrom iliotibial band (ITBS) adalah penyebab paling umum dari nyeri lutut lateral dan paha pada pelari dan pengendara sepeda.

Bagaimana anatomi Iliotibial band syndrome (ITB)?

Iliotibial band (ITB) adalah jaringan ikat yang berjalan di sepanjang sisi luar paha, dari panggul hingga ke tulang kering dan merupakan hasil perpanjangan dari otot tensor fascia lata. ITB berperan penting dalam menjaga stabilitas hip dan lutut sisi luar. ITB membantu gerakan meluruskan lutut, membuka tungkai dan rotasi panggul ke arah luar.

Apa penyebab Iliotibial band syndrome (ITB)?

ITBS disebabkan karena penggunaan gerakan penekukan dan pelurusan sendi lutut yang terlalu sering dan berlebihan sehingga terjadi gesekan (friction) antara ITB dengan tonjolan tulang paha (epikondilus lateralis dari femur). Selain itu, terjadi penjepitan ITB terhadap tonjolan paha pada saat lutut ditekuk 20-30o. Kelemahan otot glutes juga meningkatkan risiko terjadinya ITBS.

Apakah faktor resiko Iliotibial band syndrome (ITB)?

Faktor risiko ITBS bersifat multifaktorial dan patologi yang mendasarinya masih belum dimengerti secara jelas. Kelainan anatomi tubuh seperti bentuk kaki O, kelemahan otot bokong ataupun perbedaan panjang tungkai akan menyebabkan ITB menjadi tegang. Faktor lingkungan seperti permukaan jalan yang miring, tidak rata, berbelok ataupun menanjak juga dipikirkan meningkatkan kejadian ITBS.

Apa Tanda dan Gejala Iliotibial band syndrome (ITB)?
  • Nyeri seperti tertusuk atau nyeri tajam pada area paha dan lutut sisi luar
  • Kadang tampak pembengkakan di sepanjang sisi luar paha ke pinggul atau di bawah lutut
Bagaimana diagnosis Iliotibial band syndrome (ITB)?

Penegakan diagnosis ITBS dapat dilakukan dengan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Pasien umumnya mengeluhkan nyeri lutut sisi luar terutama saat melakukan gerakan fleksi lutut seperti saat berlutut atau jongkok. Pemeriksaan radiologi biasanya tidak dibutuhkan untuk konfirmasi diagnosis ITBS. Pemeriksaan X-Ray lutut dilakukan apabila terdapat kecurigaan patah tulang paha.

Bagaimana cara mengatasi Iliotibial band syndrome (ITB)?

Tatalaksana ITBS untuk mengurangi nyeri dan peradangan dapat dilakukan terapi konservatif seperti RICE, NSAID, taping, injeksi kortikosteroid, pemijatan ITB dengan foam rolling atau dengan menggunakan terapi dry needling. Peregangan (stretching) pada tensor fascia lata, gluteus maksimus dan gluteus medius dapat memperbaiki keluhan ITBS.  Latihan fisik ditujukan untuk menormalisasikan lingkup gerak sendi, menguatkan otot ekstremitas bawah terutama otot hip rotator eksternal dan abduktor, serta meningkatkan kebugaran jantung-paru. Terapi pembedahan release ITB diindikasikan apabila terapi konservatif gagal memperbaiki keluhan dan gejala pasien

Bagaimana mencegah Iliotibial band syndrome (ITB)?
  • Lakukan teknik latihan fisik yang benar yaitu melakukan pemanasan, peregangan, dan pendinginan.
  • Sering melakukan peregangan pada area jaringan ikat iliotibial, otot panggul, otot paha, dan otot bokong.
  • Jangan meningkatkan jarak tempuh lari Anda lebih dari 10% per minggu. Selalu istirahat sehari selang waktu latihan Anda.
  • Pilihlah sepatu yang pas dan baik saat berlari karena sepatu yang tidak nyaman akan menyebabkan dan memperburuk gejala ITBS.
  • Pertimbangkan selang latihan lari Anda dengan jenis olahraga lain untuk menyeimbangkan kekuatan tubuh (misal berenang)
  • Pilihlah medan yang datar saat latihan lari
  • Coba metode lari ke belakang untuk memperbaiki ketidakseimbangan otot dan mengurangi tegangan pada lutut Anda
  • Berkonsultasi ke dokter mengenai kemungkinan pemakaian alat bantu orthotics.
Sumber
  1.  Brukner, Peter; Khan K. Clinical sports medicine. 3rd ed. Clinical Sports Medicine. McGRAW-HILL; 2014. 9 p.
  2.  Aderem J, Louw QA. Biomechanical risk factors associated with iliotibial band syndrome in runners : a systematic review. BMC Musculoskelet Disord. 2015;(16):1–16.
  3.  Flynn SH, Medical O, Hospital G. Iliotibial band syndrome: a common source of knee pain. Ame Fam Physician. 2005;71(8):1545–50.

 

No Comments

Leave a Reply

× How can I help you?